Wednesday, June 15, 2016

Top 5 Ilustrator Favorit di Instagram

Bicara soal buku nggak akan lepas sama yang namanya sampul alias cover. Pepatah "Don't Judge the Book by Its Cover" zaman sekarang sih menurut saya sudah tidak tepat lagi, karena kita justru menilai buku dari cover-nya kan... Terlepas dari bagus atau nggak ceritanya, punya buku dengan cover cantik minimal bisa mempercantik rak buku kita atau menghasilkan foto-foto yang cantik di Instagram (halah!)

Ngomong-ngomong soal Instagram, beberapa bulan terakhir, saya memang lagi senang main aplikasi yang satu ini. Iyaaa saya tahu saya telat. Awalnya, saya ngerasa nggak butuh punya aplikasi ini, sampai suatu hari saya ikutan lomba yang mensyaratkan follow akun instagram si penyelenggara. Ya sudahlah saya bikin akun juga. Eeeh.... siapa sangka, makin saya browsing-browsing, makin banyak saya menemukan akun-akun menarik, terutama dari ilustrator-ilustrator dalam negeri. Banyak banget seniman yang menjadikan akun instagram sebagai portfolio mereka, bahkan ada juga yang mengepos video proses pengerjaan karya mereka. Duuuh... Saya senang banget ngeliatnya. Jadi berharap deh, kalau suatu saat saya membuat buku, saya ingin cover dan ilustrasinya mereka yang buat.

Berikut 5 akun instagram ilustrator dalam negeri favorit saya:

1. EMTE

Yang ini sih sudah tidak perlu diragukan lagi kemampuan menggambarnya!!! Sudah tak terhitung deh buku-buku yang cover-nya dia buat. Sebut aja buku Melihat Api Bekerja-nya M. Aan Mansyur dan Tanah Tabu-nya Anindita S. Thayf. Sebenarnya, saya sudah suka karya-karya Emte sejak dia menjadi ilustrator-nya Seventeen Indonesia dan cover novel-novel teenlit dan chicklit-nya Gramedia Pustaka Utama. Wanita-wanita yang ia gambar selalu stylish dan terlihat memiliki hidup yang seru. Makin ke sini, karyanya semakin cantik!

Contoh karyanya di Instagram. Banyak videonya juga lho!!

A photo posted by Muhammad Taufiq (emte) (@emteemte) on


2. KEZIA WP

Saya sukaaaa banget pilihan warna Kezia yang selalu terasa lembut dan damai. Hehe.. Gambarnya terlihat hidup dan detail. Lukisan bulunya dooong!!!! Cuantiiikk!!!! Coba cek deh akun instagramnya.



3. KATHERINE KARNADI

Lukisan pensilnya JUARA!!!! Saya nggak mengerti bagaimana caranya dia bisa menggambar rambut serealistis itu. Memang talenta itu nggak main-main ya. Kebetulan dia adalah adik teman SD saya, jadi saya kenal dia sejak kecil, dan saya nggak pernah tahu kalau dia punya talenta dalam melukis!  Katherine ini sering mengisi ilustrasi di majalah fashion Harper's Bazaar dan suka membuka kelas juga lho...

A photo posted by Katherine Karnadi (@kathkrnd) on


Kalau yang satu ini sepertinya akun instagramnya sudah tidak di-update. Tapi saya suka banget sama ilustrasi buatannya, terutama yang bangunan-bangunan Jakartanya itu lhoo... Selain itu, foto-foto anjingnya juga lucu *OOT*


A photo posted by Jo.net.a (@jonetawitabora) on


Naaah... kalau yang terakhir ini, saya sudah suka karyanya sejak dulu, waktu ilustrasinya menghiasi cover-cover novel Atria, di antaranya My Ridiculous, Romantic Obsessions-nya Becca Wilhite dan Scones and Sensibility-nya Lindsay Eland. Saya suka gaya doodling-nya. Selain di instagram, kamu bisa lihat karyanya di sini.



Nah, bagaimana pilihan saya menurut teman-teman? Bisa membayangkan salah satu dari mereka menjadi ilustrator dari buku teman-teman?

1 comment:

  1. Ngomongin ilustrator saya jg lagi nyari nih orng yg ngedesain blog saya biar enak dilihat gtu. Yg masang tarifnya juga murah, jgn2 mahal, heheheee
    Jaman sekrg speachless sm orng2 brkemampuan mnggmbar yg bahkan diluar nalar kaya gtu. Instagram emng kaya ajang menunjukan bakat juga soalnya ya.. aplgi bakat mlukis dan mnggambr. Sayngnya saya mah jauh bngt dri bakat bgtuan. Ngegaris aja blum lurus πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete

What is your thought?