Sunday, September 4, 2016

Love on Probation

Pengarang: Christina Juzwar
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2016
Halaman: 328

Alita benci dua hal: janji yang tak ditepati dan diperlakukan kasar. Dan kedua hal itu, sayangnya, ia dapati dari Arestyo Miller, laki-laki rekan kerjanya yang beberapa waktu terakhir dekat dengannya. Di kencan pertama mereka, Ares tidak datang dan malah membentak Lita ketika Lita menelepon untuk menanyakan alasannya. 

Sakit hati atas perlakuan Ares membuat Lita bertekad menjauhi laki-laki itu. Namun, Ares yang menyesal bertekad tidak akan melepaskan Lita begitu saja. Ares memohon kesempatan kedua, walau harus berupa percobaan pacaran selama 30 hari. Ketika Alita akhirnya mengiyakan tawaran Ares, penilaian Alita terhadap laki-laki itu pun perlahan-lahan berubah. Ares membuka dirinya dan mengizinkan Alita mengenal masa lalu laki-laki itu.

Namun, ada rahasia kelam yang disimpan Alita. Alita belum siap mengungkapkannya kepada Ares. Ketika akhirnya rahasia itu terungkap, akankah masa percobaan mereka berlanjut atau malah berakhir? Siapa yang akan mengakhirinya, Alita atau Ares?



@@@@@


Love on Probation adalah novel yang sudah menarik perhatian saya sejak awal karena dikatakan merupakan lanjutan dari cerpen Stuck with You yang ada di buku kumpulan cerpen metropop Autumn Once More. Cerpen tersebut termasuk favorit saya dan saya sungguh penasaran menantikan lanjutan ceritanya. Dan kini... lanjutannya ternyata ada dalam judul Love on Probation. Jadi, apalah alasan saya menunda-nunda untuk membaca novel ini.

Namun setelah membaca, saya malah merasa Love on Probation merupakan kisah yang berdiri sendiri dan tidak berhubungan dengan Stuck on You. Ternyata, kisah terjebak di lift sama sekali tidak memegang peran signifikan dalam cerita ini, melainkan hanya disebut sekilas. Dan yang cukup mengagetkan buat saya, dua karakter utamanya pun seperti berbeda orang dari Stuck on You. Jadi, kalau kamu ingin membaca buku ini tapi belum membaca cerpen Stuck on You dan kesulitan mencari buku kumcer Autumn Once More, buat saya sih nggak masalah-masalah amat ya... kamu nggak bakal ketinggalan apa-apa kok.

Lalu tentang cerita Love on Probation sendiri bagaimana? Hehe... Sebenarnya sudah bisa ditebak ya ceritanya bakal ke mana. Tapi, menurut saya, cerita ini sebenarnya lebih menekankan ke pentingnya memberi kesempatan kedua kepada orang lain dan juga jangan terlalu cepat men-judge orang lain hanya karena satu kesalahan yang orang itu perbuat. Karakter Alita sebenarnya bukanlah karakter orang yang saya suka. Dia terlalu melebih-lebihkan hal sepele dan sangat keras kepala. Kekeraskepalaannya itu membutakannya dan hampir merugikannya. Sebenarnya, sosok Ares sungguh jauh dari bayangan Alita dan Ares benar-benar tulus menyukai Alita. Untung saja, di sekeliling Alita masih banyak orang yang waras dan mengingatkannya untuk lebih lunak. Tapi tetap saja, sepanjang cerita, saya nggak habis heran: Kok ya cewek semenyebalkan Alita ini bisa mendapat cowok yang segigih dan sesabar Ares? Hihihi.

Buat kamu yang sering cepat men-judge orang, rasanya harus baca buku ini deh. Kamu bisa belajar dari kisah Alita.


1 comment:

What is your thought?