Thursday, November 12, 2015

Blog Tour: Over the Rain

Halo teman-teman!!!!

Gimana? Udah ikutin rangkaian blog tour Over the Rain? Udah kenal Asri Tahir lebih dekat? Udah baca bukunya belum? Yang baru baca di Wattpad doang sih rugi deh kalo sampe nggak baca bukunya juga. Soalnya cerita di buku ini jauh lebih seru dan lengkap (serius, saya baca naskah Wattpad dan buku finalnya soalnya :))

Buat yang belum beli dan baca bukunya, naaah... sekarang kesempatan terakhir kamu untuk memenangkan buku ini di rangkaian blog tour-nya. Namun sebelumnya saya mau review bukunya dulu ya.



Over the Rain + Langit Malam
Pengarang: Asri Tahir
Penerbit: Elex Media
Tahun Terbit: 2015
 Halaman: 227 + 142

Bulan kini menjanda. Perselingkuhan yang dia lakukan membuahkan perceraian. Ia kini kehilangan suami, hak asuh atas Bumi--anaknya, serta kebahagiaan pernikahan yang telah ia miliki selama lima tahun. Semua berganti penyesalan tiada henti.

Sebelumnya, Bulan memang tidak pernah mencintai Reza, suaminya. Ia setuju menikah dengan Reza hanya untuk melupakan Bintang, sahabat sekaligus cinta pertamanya semasa sekolah, yang mendadak hilang. Ketika Bintang kembali secara mendadak juga bertahun-tahun kemudian, Bulan tak kuasa melepaskan masa lalunya walau kini ia telah memiliki suami dan anak. Namun, percintaan dengan Bintang tidak membawa kebahagiaan bagi Bulan. Bulan didera perasaan bersalah. Kini, ia hanya bisa menanggung dosa yang dilakukannya.

Persoalan menjadi bertambah rumit ketika Bulan mengetahui dirinya mengandung. Anak siapa yang dikandungnya? 

 *****

Over the Rain mungkin mengangkat tema yang banyak dibenci pembaca: perselingkuhan. Pada dasarnya semua orang tidak mau diselingkuhi. Jadi, buat apa juga membaca cerita yang membuat kita bersimpati dengan orang yang melakukan perselingkuhan? Sudah salah ya salah, tidak usah mencari pembenaran, mungkin begitu yang ada di pikiran kita. Namun buat saya, Over the Rain mengisahkan tentang suatu keputusan yang harus diambil antara masa lalu dan masa kini serta konsekuensi yang mengikuti keputusan itu. Permasalahan perselingkuhan Bulan bukanlah inti ceritanya, melainkan apa yang ia lakukan setelahnya; bagaimana ia bertanggung jawab atas perbuatannya.

Apa yang terjadi di sepanjang novel, tentu saya tidak mau bercerita secara rinci. Yang pasti garis besarnya sudah saya ceritakan di atas dan tentunya teman-teman host blog tour yang lain sudah menceritakannya. Gregetan; kesal tapi simpati juga dengan tokoh-tokoh novel ini. Yaaa gimana dong? Ada kalanya saya kesal dengan Bulan yang sok idealis. Ada kalanya juga saya kesal dengan Reza yang gengsian banget. Tapi yang terutama sih, miskomunikasinya mereka itu lhoo... Rasanya saya pengin garuk mereka berdua. Hehe. Sedangkan Bintang, saya cukup bersimpati padanya. Saya bisa mengerti perasaan dia yang menginginkan Bulan kembali. Sebenarnya, Bintang ini justru yang pertama, baru datang Reza. Sayangnya, Bulan sudah menikah dengan Reza. Tapi yang saya kurang suka dari Bintang, dia terlalu gegabah dan mengambil jalan yang salah. Coba mainnya cantik sedikit, pasti deh.... *lha???*

Drama banget, pasti. Dari temanya aja udah kelihatan. Tapi saya menikmati membaca novel ini. Benar-benar page-turner. Ada yang dapat dipelajari, terutama mengenai mengambil keputusan dan konsekuensi yang mengikutinya. Kesalahan dapat terjadi pada siapa saja, tapi yang lebih penting adalah apa yang kita lakukan setelahnya untuk memperbaikinya. Dan tentu saja, tentang mengapa memaafkan menjadi sesuatu yang penting untuk kita lakukan. 

Kesalahan penulisan masih banyak terjadi di novel ini, terutama mengenai penempatan tanda baca koma dan titik serta penggunaan kata penghubung. Tapi dibanding NAPW--novel debut Asri, bisa dibilang cukup bersih. Masih ada ruang untuk memperbaikinya, karena dengan tema-tema cerita yang diangkat Asri, saya percaya Asri masih akan menelurkan banyak karya di masa depan yang tentu akan disukai pembaca.


GIVEAWAY TIME!!
 
Nah, sekarang saatnya saya membagikan 1 buku Over the Rain untuk kamu-kamu yang sudah mengikuti blog tour Over the Rain dari awal (kalau nggak juga nggak apa-apa sih). Caranya hanya dengan menjawab pertanyaan seputar blog tour dan share tweet.  

Share tweet *tinggal copas, atau bisa dimodifikasi dengan hashtag dan mention yang sama*
Ikutan giveaway #BlogTour #OvertheRain @as_sharliz @elexmedia dan dapatkan bukunya! Hanya di blog @_marsh113_ http://glasses-and-tea.blogspot.co.id/2015/11/blog-tour-over-rain.html

Peserta berdomisili atau punya alamat di Indonesia.

Saya tunggu sampai tanggal 15 November 2015.

Terima kasih sudah mengikuti rangkaian blog tour Over the Rain. Selamat menguji keberuntungan!


4 comments:

What is your thought?