Thursday, July 30, 2015

Blog Tour + Giveaway : Heartling

Pengarang: Indah Hanaco
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2015
Halaman: 252

Amara pernah mengalami hal yang sangat buruk dari sahabat laki-lakinya, Marcello; pengalaman yang membuat Amara harus pergi mengasingkan diri selama setahun. Sejak itu, Amara yang ceria berubah menjadi tertutup dan ketus.

Kembali ke kampus, Amara berteman dengan Sophie. Sebenarnya, Amara tidak ingin berteman, namun Sophie yang supel--yang aslinya merupakan juniornya--selalu mendekatinya. Sophie merasakan keanehan sikap Amara, namun berkat kepribadian Sophie yang supel dan terbuka, Sophie tahan-tahan saja menghabiskan waktu bersama Amara. Kedekatan Amara dengan Sophie membuat Amara perlahan-lahan menjadi lebih terbuka, sehingga kemudian, Amara juga kembali berteman dengan sahabat lamanya, Brisha. Kini, Amara, Sophie, dan Brisha menjadi tiga sekawan yang sangat dekat, walau Amara masih menutupi masalah kepergiannya selama setahun.

Walau hidupnya berangsur normal kembali, Amara masih tetap ketakutan bila didekati laki-laki. Sampai suatu hari, ia berkenalan dengan laki-laki keturunan Korea dari fakultas sebelah bernama Ji Hwan. Perkenalan mereka dimulai dengan buruk, namun Ji Hwan cukup sabar untuk mengerti Amara. Mereka pun akhirnya berpacaran. Namun, pengalaman buruk Amara selalu menghantui. Bisakah Amara mendapatkan kebahagiaannya kembali? Bagaimana jika tiba-tiba Marcello datang kembali?


♥♥♥♥♥

Heartling merupakan novel yang bercerita tentang move on. Bukan move on dari putus cinta, tapi dari masa lalu yang buruk; pengalaman yang akan menghantui dan membayang-bayangi setiap langkahmu. Oleh karena itu, jangan harap menemukan karakter Amara yang lovable. Sebaliknya, ia tampil menyebalkan, pahit, dan jutek walau alasannya kemudian bisa dimaklumi.

Namun demikian, tokoh-tokoh lainnya cukup menyenangkan dan berkarakter. Saya suka Indah Hanaco memberikan karakter yang cukup detail dan hidup pada orang-orang di sekeliling Amara. Sophie menjadi tokoh favorit saya karena keceriaannya. Pada awalnya, saya mengira dia hanya remaja polos yang tidak tahu situasi. Namun, kemudian saya mengetahui masa lalunya yang cukup kelam. Lalu ada juga Brisha yang juga mengalami masalah cinta cukup kompleks. Selain sahabat-sahabat Amara ini, ada juga kakak Amara, Zeus, yang menjadi overprotektif terhadap Amara. Ji Hwan sendiri sebagai love interest Amara cukup menarik, walau agak too good to be true sih. Habisnya, sabar banget sih orangnya! Yang kurang digali mungkin adalah Marcello. Saya sih berharap dia dapat porsi lebih banyak di cerita ini dan lebih banyak menunjukkan emosinya.

Karena fokus ceritanya sendiri tentang move on, tidak banyak flashback di novel ini, yang cukup saya sayangkan karena kesannya perbuatan Marcello ke Amara menjadi remeh dan kurang menimbulkan koneksi emosional antara pembaca dengan si Amara. Namun demikian, Indah Hanaco cukup sabar dalam mengembangkan karakter Amara sehingga saya pun bisa merasakan tahap-tahap perubahan pada dirinya dengan baik.

Untuk ukuran novel Young Adult dalam negeri, Heartling menawarkan tema cerita yang cukup fresh dibanding kisah romance kebanyakan. Walau temanya cukup seram, buku ini tidak berat untuk dibaca. Bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang mencari bacaan remaja.

-------------------------------------------

Resensi ini merupakan bagian dari Blog Tour HEARTLING. Blog ini menjadi perhentian pertama. Ingin tahu host Blog Tour lainnya? Cek banner di bawah ini ya...


JADWAL
- 29 Juli 2015 : www.rizkymirgawati.blogspot.com (Kick Off Blog Tour) 
- 30 Juli - 3 Agustus 2015: www.glasses-and-tea.blogspot.com
- 4 - 8 Agustus 2015: www.kubikelromance.com 
- 9 - 13 Agustus 2015: www.dhynhanarun.blogspot.com 
- 14 - 18 Agustus 2015: www.destybacabuku.wordpress.com 
- 19 - 23 Agustus 2015: www.rizkymirgawati.blogspot.com


Daaan... tidak ketinggalan, ada GIVEAWAY berhadiah 1 buku Heartling untuk kamu yang beruntung. Giveaway ini akan ada di setiap blog host. Jadi, pastikan kamu nggak ketinggalan blog tour-nya ya!

Syarat:

  1. Domisili di Indonesia.
  2. Follow twitter @IndahHanaco dan ganti profile picture twitter kamu dengan cover buku Heartling sampai pengumuman pemenang giveaway di blog ini diumumkan.
  3. Twit 1 kali saja: "Ikutan blog tour #Heartling karya @IndahHanaco dan menangkan bukunya! Cek blog @_marsh113_ ya http://glasses-and-tea.blogspot.com/2015/07/blog-tour-giveaway-heartling.html"
  4. Jawab pertanyaan ini: "Tema cerita apa yang kamu harapkan diangkat dalam novel-novel Young Adult Indonesia?"
  5. Isi di kolom komentar pos ini dengan urutan: a) akun twitter kamu--jangan di-set private; b) link ke twit syarat nomor 3; c) jawaban pertanyaan nomor 4.
Pengumuman pemenang akan dilakukan tanggal 4 Agustus 2015 di blog ini dan twitter saya, @_marsh113_.

Semoga beruntung!


Gambar cover Heartling untuk keperluan profile picture twitter:


22 comments:

  1. Hai Mba Martina, ikutan Blogtournyaa yaa :) a. @ebylullaby
    b. https://twitter.com/ebylullaby/status/626608433366577152
    c. tema yang aku pengen banget baca adalah tema tentang KDRT, karena kayanya belum banyak tema itu, dimana di Indonesia sangat banyak kasus seperti itu.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Twitter : @imahreana
    Link Share : https://twitter.com/imahreana/status/626616810071154690
    Jawaban : Tema tentang PERSELINGKUHAN, yang mana sangat banyak yang menentang tapi anehnya banyak yang ngejalaninnya juga.

    ReplyDelete
  4. a. Twitter : @Nadia48nafla
    b. Link share : https://twitter.com/Nadia48nafla/status/626641131258798080
    c. Tema yang aku inginkan tentang Cinta dan Religi, mungkin untuk tema CINTA mainstream banget, tapi aku ingin ada yang unsur religiusnya. Pandangan tentang kehidupan cinta beda agama & ketidakpercayaan akan cinta.

    ReplyDelete
  5. Twitter : @_loisninawati
    Link share : https://mobile.twitter.com/_loisninawati/status/626659241936318464?p=v
    Jawaban : tema yang aku pengin, itu Keluarga & Cinta. Kenapa? Karena, aku pengen novel" di indonesia tidak hanya bagus, tetapi juga bermutu, dan, ada pesan di dalam cerita itu :D

    ReplyDelete
  6. a) @murniaya

    b) https://twitter.com/murniaya/status/626656784472670208

    c) tema psikologi atau kejiwaan. Belum banyak kan? Kalau genre young adult itu kan konsumennya memang kebanyakan remaja, nah yang namanya remaja itu masih banyak yang masih mencari jati dirinya. Nggak sedikit toh yang bergulat dengan dirinya sendiri, "who am I?" Seberapa bisa para penulis membuat cerita yang se-logic mungkin atau out of the box tapi tetep logic dan berkesinambungan serta harus mengena pada hati pembaca yang remaja atau bahkan sama dengan kebanyakan kasus mereka. Berhubung belum banyak beredar, kurasa plot cerita yang original masih banyak yang bisa dikembangkan, nggak seperti romance yang 55% tidak original lagi (banyak bagian yang sama dengan cerita yang lainnya).

    ReplyDelete
  7. halo kak^^ izin ikutan ya

    a. Twitter : @milehyaa
    b Link Share : https://twitter.com/milehyaa/status/626664052312272896
    c "Tema cerita apa yang kamu harapkan diangkat dalam novel-novel Young Adult Indonesia?" aku lebih suka yang ada unsur keislamannya karena jarang aja gitu kita yang mayoritasnya agama islam tapi, young adultnya kenapa gak pernah membicarakan tentang islam. Contoh kaya tema gimana sih pandangan islam tentang pacaran trus para remaja muslim yang memendam perasaan karena, takut dosa. Kayaknya bakal susah emang sih :p Trus pengennya juga cerita yang membawa pembaca.Terutama, young adult mengulik lebih dalam lagi novel yang dibaca kaya misal drama korea naughty kiss gitu temanya simple tapi kena banget sama penonton. Apalagi settingnya sekolahan trus juga ada humor-humor didalamnya menurutku tema yang seperti itu, bakal di gandrungi remaja-remaja deh :D

    makasih

    ReplyDelete
  8. a. @Agatha_AVM

    b. Link share : https://twitter.com/Agatha_AVM/status/626687315084050432

    c. Tema slice of life. Aku tertarik banget sama tema ini karena jarang penulis menggunakan tema tersebut. Bagaimana sih kehidupan remaja dengan berbagai retorika di dalamnya. Kasus-kasus pelecehan seksual, narkoba, bully bahkan perpeloncoan pada saat MOS atau OSPEK yang belakangan sedang hangat dibicarakan untuk ditiadakan. Itu hanya secuil kecil dalam kehidupan remaja pada zaman ini. Dengan menguak misteri kehidupan para remaja, pembaca di kalangan remaja pasti akan mendapatkan sedikit banyak pelajaran positif dan memilih jalan yang baik serta bersemangat untuk tetap meraih impian mereka. Siapa tahu pada saat para remaja mengalami titik keputusasaan terdalam dengan membaca novel bertemakan 'slice of life' mampu membangkitkan semangat mereka untuk berjuang kembali. 'Slice of life from others or your own life will be inspire for others.'

    ReplyDelete
  9. a. @ntarienovrizal

    b. https://twitter.com/nTarienovrizal/status/626773144867475456

    c. Tema yang aku suka untuk novel Young Adult itu yang konfliknya sederhana tapi punya nilai bagi yang membacanya. Misalkan saja ide untuk memunculkan bahwa pacaran itu tidak seindah cerita dalam novel dan komik yang mana cowoknya akan berusaha mati-matian buat meminta maaf kepada sang cewek. contoh berdiri hujan-hujanan di luar jendela sang cewek. Buat tema dengan pacaran tapi tetap berpikir secara logika. Aku pengen cewek (kebanyakan korban bualan cowok) paham, bahwa cowok bukan satu-satunya yang mereka pikirkan di dunia ini. Ada orang tua yang berjuang mati-matian di belakang mereka untuk melihat topi kelulusan di kepala mereka. Di dalam cerita tersebut, konflik antara keluarga dan pacar pun harus imbang. Biar para remaja mampu berpikir dewasa dengan kerumitan hubungan antar jenis. Banyak yang mereka pertaruhkan ketika harus memilih pacaran di usia muda. Uang saku aja masih ngemis, kok udah punya pacar.

    Jadi intinya selipkan kekeluargaan dalam kisah percintaan para remaja yang belakangan ini agak di luar batas kewajaran. Dan aku harap, ada penulis lokal yang bersedia mengangkat tema seperti ini. Memberi pelajaran tentang arti hidup bukan sekedar cinta monyet

    ReplyDelete
  10. a. @yutakaNoYuki

    b. https://twitter.com/yutakaNoYuki/status/626899443661471744

    c.Tema young adult yang menarik itu tentang backpacker. Rasanya sekarang jarang fiksi yang bercerita tentang remaja backpacker yang menemukan banyak pengalaman selama perjalanannya. Mungkin ada yang pernah baca novel Balada Si Roy, nah, cerita petualangan ala backpacker gitu lebih fresh :D

    ReplyDelete
  11. a) @nunaalia

    b) https://twitter.com/nunaalia/status/626964112166096897

    c) Tema cerita novel-novel Young Adult Indonesia: Taaruf & Pernikahan dalam Islam. Pasti menarik bgt tuh, ada unsur young adult tapi sesuai tuntunan islam ;)

    ReplyDelete
  12. a) @dianmayy

    b) https://twitter.com/dianbookshelf/status/627038526677254144

    c) Tema yang saya harapkan diangkat dalam novel-novel Young Adult Indonesia adalah tema horor/thriller di kampus. Jadi kampus ini sebagai setting atau TKP. Mirip-miriplah fimnya Lentera Merah.

    ReplyDelete
  13. @chelseas_lovers

    https://twitter.com/chelseas_lovers/status/627760599775096832

    Tema cerita apa yang kamu harapkan diangkat dalam novel-novel Young Adult Indonesia?
    Ehm.. Horo/Thriller. Dengan misteri-misteri yang membuat seseorang penasaran,.. Dan dengan sedikit kejutan yang tidak terduga. Hehehhe...

    ReplyDelete
  14. @p_ambangsari
    https://twitter.com/p_ambangsari/status/627779501640978432

    temanya tentang kepribadian. Kadang, manusia pasti punya kepribadian yang 'plinplan'. dalam hati ia menginginkan menjadi orang yang bersifat 'A' tapi ternyata orang lain tidak menyukai sifat itu karena dianggap buruk. Oleh karena itu ia terpaksa bersifat 'B' hanya agar dapat tetap berada di lingkungan yang ia butuhkan atau agar ia tidak dianggap 'jahat/aneh/perlu dijauhi atau hanya agar ia tetap mendapat perhatian.

    ReplyDelete
  15. @agnesb0702
    https://twitter.com/agnesb0702/status/627816163372724226

    Tema cerita yang aku harapkan dari novel-novel YA Indonesia itu lebih tentang disabilitas. Aku pengen banget ceritanya bukan hanya menggangap cerita tentang disabiltas hanya untuk melengkapi cerita atau menjadi bagian minor cerita, saya ingin tema cerita buku tersebut tentang disabilitas. Dengan begitu, novel tersebut juga akan menjadi lebih bermakna dan bisa menjadi sebuah motivasi walau hanya karangan orang.

    ReplyDelete
  16. A. Akun twitter: @Thia1498
    B. Link share: https://twitter.com/Thia1498/status/627968377160478720?s=01
    C. Jawaban:
    "Tema cerita apa yang kamu
    harapkan diangkat dalam novel-novel Young Adult Indonesia?"

    Young adult? Bacaan yang pas untuk dibaca para remaja tentu nya tidak bacaan yang terlalu berat, bisa dimengerti dan sesuai dengan fakta kehidupan, dan tema yang pas menurut ku adalah, cinta, keluarga, dan religi. Kebanyakan para remaja di indonesia lebih memilih tema cinta di novel-novel young adult yang mereka baca, ketimbang tentang hukum atau pun misteri. Untuk menggaet minat para remaja, kisah cinta bisa juga dimasukkan dengan unsur keluarga dan religi. Kenapa aku menambahkan keluarga dan religi? Karena kebanyakan novel tentang cinta itu selalu bertolak belakang dengan kehidupan, melupakan tuhan dan keluarga nya hanya untuk sebuah cinta yang semua. Karena itu, dari pada mencemari otak para remaja dengan novel-novel young adult yang bertema cinta tapi pasaran alias banyak diceritakan dinovel tapi tidak akan pernah ada dikehidupan, setidaknya dengan adanya ilmu agama (religi) dengan dasar2 nya pada Al-quran dan hadist, serta keluarga yang ada ditengah2 mereka, para pembaca dan penulis bisa membuat cerita yang masuk akal dan menjadi pembelajaran bagi banyak orang di Indonesia. Selain karena temanya nya jarang, juga karena isinya yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  17. Twitter : @Rany_Dwi004
    Link Share : https://mobile.twitter.com/Rany_Dwi004/status/627992711040073728?p=v

    Tema cerita apa yang kamu harapkan diangkat dalam novel-novel Young Adult Indonesia?

    Psikologis perpaduan dgn sci-fi dan perjalanan. Wew...ribet banget ya! Kenapa aku pilih tema seperti itu? Karena novel ini termasuk young adult yang pasti pembacanya bakalan anak remaja atau dewasa muda dan yang kebanyakan masih mencari jati diri dan masih labil. Kalau penulis mampu menyelipkan pesan moral dalam novel tersebut, yakin deh bakal banyak yang suka. Apalagi tema perjalanan, karena kebanyakan tema perjalanan itu banyak menggugah hati para pembacanya utk melakukan/seenggaknya berandai-andai utk bisa melakukan perjalanan yg banyak memberikan pelajaran hidup. Utk Sci-fi sendiri karena menurutku kurang banyak novel dgn genre seperti ini yg diangkat penulis, kebanyakan malah romance. Entah itu krna genre Sci-fi susah utk dikerjakan atau apa. Kalaupun ada, novelnya sendiri juga kurang booming. Makanya aku berharap genre Sci-fi Indonesia dilestarikan agar terlahir penulis Sci-fi yg berbakat.

    ReplyDelete
  18. Twitter: @dust_pain
    https://twitter.com/dust_pain/status/628059869908578304

    tentang kekerasan dalam rumah tangga di mana korbannya adalah anak. kenapa aku ingin tema ini diangkat? karena aku pernah melihat sendiri temanku waktu masa SD dulu dipukul sama ibu tirinya. itu membekas di benakku sampai sekarang. aku pernah baca juga cerita tentang anak yang mendapat kekerasan verbal dari orang tuanya. memang dia gak disakiti secara fisik, tapi kata2 orang tuanya bikin si anak skeptis sama hidupnya sendiri. harapannya sih semoga anak2 yang mendapat perlakuan gak baik dari orang tuanya bisa mendapat pencerahan setelah membaca novel dengan tema semacam ini.

    ReplyDelete
  19. a) @14121989lj

    b) https://mobile.twitter.com/14121989lj/status/628155076129886208?p=v

    c) Tema cerita apa yang kamu harapkan
    diangkat dalam novel-novel Young
    Adult Indonesia?

    tentang kehidupan pernikahan .novel tentang pernikahan udah lumayan banyak tapi ga pernah bosan buat membaca ceritanya ,dkarena setiap manusia pasti akan menjalani kehidupan berumah tangga /menikah .

    ReplyDelete
  20. a. @afifahmazaya

    b. https://twitter.com/afifahmazaya/status/628194899683217412?p=v

    c. bullying tapi pelakunya orangtua. bullying kan nggak harus kekerasan yang tampak. menganggap bohong, kurang percaya bahwa anaknya bisa melakukan sesuatu, terlalu mengatur pun bisa termasuk bullying kan? kadang orangtua juga nggak sadar kalau yang mereka lakukan termasuk bullying. efeknya bisa sama seperti bullying di sekolah, bisa juga lebih. kadang kalau anaknya jadi bandel atau justru tertutup, malah nyalahin si anak.

    ReplyDelete
  21. a) @AltGST

    b) https://twitter.com/AltGST/status/628199519881052162

    c) Tema cerita yang aku harapkan diangkat dalam novel-novel Young-Adult Indonesia adalah yang menampilkan isu dan masalah kontemporer yang dihadapi remaja dan bagaimana mereka merefleksikan perubahan yang dialami. Misalnya kisah tokoh remaja yang menjajal dunia dewasa dan belajar menerima konsekuensi dari tindakannya, atau kisah remaja yang hampir putus asa akibat masalah pelik yang dialaminya, lalu bagaimana sepak terjangnya untuk bangkit dari pesakitan. Masalah yang disuguhkan dalam pun baiknya yang tidak biasa namun memungkinan terjadi kalangan remaja. Saya rasa tema ini memberikan warna menarik bagi pembaca novel-novel YA di Indonesia karena merujuk pada realitas kehidupan yang tentunya akan menambah pengetahuan dan memungkinkan pembaca untuk menjelajah alam imajinasi mereka. Apalagi jika dika disajikan dalam plot yang ringan dan karakter menarik, dan tentunya dengan penggunaan bahasa yang me-remaja.

    ReplyDelete
  22. Ditutup ya.. Tunggu pengumuman pemenangnya!

    ReplyDelete

What is your thought?