Tuesday, August 9, 2016

Cinta Masa Lalu

Pengarang: Nima
Penerbit: Elex Media Komputindo
Tahun Terbit: 2014 (cetak baru 2016)
Halaman: 265

Viona baru berumur 18 tahun dan siap mengejar cita-citanya. Beasiswa ke New Zealand sudah dalam genggaman. Sayang, kenyataan berkata lain; Viona diperkosa lelaki playboy pacar sepupunya dan hamil. Bukan saja masa depan Viona hancur berantakan, nama baik keluarganya pun tercoreng.

Sejak dulu, Dave terbiasa mendapatkan apa pun yang dia inginkan, termasuk wanita. Berkat harta orang tuanya, Dave yang memang berpenampilan menarik bagaikan magnet untuk setiap wanita, kecuali untuk remaja ingusan yang terang-terangan menyatakan ketidaksukaannya pada Dave, Viona. Dave tidak bisa berhenti memikirkan Viona dan bertekad menaklukkan remaja itu. Sayang, dia kebablasan.

Butuh waktu 6 tahun  bagi Viona untuk menata kembali hidupnya. Ia kini sudah kuliah di Jogja, mencoba berpikir bahwa ia bisa hidup selayaknya mahasiswa biasa, tanpa mengingat kenangan buruk di Jakarta. Betapa kagetnya dia ketika pada akhirnya ia berani kembali pulang ke rumah, ia malah mendapati laki-laki yang menjadi sumber mimpi buruknya juga berada di sana... dengan anaknya.
Dan terutama, seluruh anggota keluarganya malah menerima lelaki itu dan anaknya layaknya anggota keluarga sendiri.

Viona marah. Viona muak. Mengapa semua orang tidak mengerti penderitaannya selama ini? Mengapa semua orang malah memintanya memaafkan? Haruskah kali ini Viona berkorban lagi?

 ~~❤❤❤❤❤~~

Cinta Masa Lalu yang saya dapat merupakan versi baru dari buku yang pertama kali terbit. Bukan hanya ganti cover, kabarnya isinya pun mengalami sedikit perbaikan walau tidak mengubah jalan cerita. Sudah lama sebenarnya saya ingin membaca buku Cinta Masa Lalu dan Akulah Arjuna (companion novel dari Cinta Masa Lalu dengan tokoh utama kakak dari Viona, Arjuna) sejak saya menyukai novel Nima yang terbit setelah dua buku ini, Jodoh untuk Naina. Beruntung, saya diajak mempromosikan dua buku ini dengan fokus ke Akulah Arjuna. Jadi, saya bisa baca buku ini dan Akulah Arjuna dengan gratis deh (ngoahahaha!)

Nggak susah sama sekali buat promosiin buku ini, karena ternyata saya memang suka cerita Cinta Masa Lalu dan Akulah Arjuna. Serius! Malah bukan saya aja, tapi teman-teman sekantor yang sering kebagian rezeki bisa numpang baca buku-buku saya (karena saya pakai alamat kantor buat terima paket buku--baik beli maupun gratisan). Ada yang sampai gak sadar taksinya abis kebut-kebutan sama mobil lain gara-gara dia keasyikan baca novel ini di taksi. Ada juga yang sampai nangis bombay. Tapi untungnya saya sih nggak sampai seperti itu walau saya akui cerita ini memang bikin emosi.

Gimana nggak emosi ya? Konfliknya aja sudah seperti itu. Korban perkosaan yang dipaksa untuk berdamai dengan masa lalu dan pemerkosanya. Duh, jangankan dalam posisi Viona, saya aja kadang kalau sama teman yang pernah bertingkah nyebelin aja udah males banget nyapa. Memang sih, setelah tahun-tahun berlalu, Dave yang membesarkan anak mereka sendirian, sudah berubah dan memang bertekad menebus dosanya. Tapi kan ya... nggak segampang itu memaafkan orang. Namun di sisi lain, sudah ada Daiva, putri Dave dan Viona yang selalu merindukan ibunya, yang tidak berdosa dan perlu dipikirkan perkembangannya. Kecuekan Viona pada Daiva, walau terasa wajar karena posisinya yang melahirkan Daiva tanpa rencana, kadang terasa egois.

Nima berhasil mengaduk-aduk emosi pembacanya lewat penuturan ceritanya yang dilakukan dalam alur maju-mundur dan dengan sudut pandang Viona dan Dave bergantian, membuat pembaca bisa mendapatkan keseluruhan cerita dari dua sudut pandang dan dua emosi. Lengkap. Penulisannya juga rapi. Naah, untuk yang ini, karena saya belum pernah baca versi lamanya, saya tidak tahu nih seberapa jauh perbedaannya dari buku versi lama. Beberapa teman yang membaca versi lama berkomentar bahwa isi bukunya agak berantakan. Maklum, pindahan dari Wattpad. Namun, di buku versi baru ini, saya tidak menemukan hal yang berantakan tadi. Rasanya smooth aja ketika membaca.

Buat teman-teman yang merindukan kisah cinta yang emosional, buku ini pas jadi pilihan kamu. Cepetan beli dan baca deh, karena di hari Kamis, saya bakal membagi 1 buku Akulah Arjuna, yang bercerita tentang kisah cinta kakak laki-laki Viona, Juna, yang juga memegang peranan penting di buku Cinta Masa Lalu ini.

Buat yang mau tahu lebih banyak soal Cinta Masa Lalu dan Akulah Arjuna, bisa coba lihat timeline twitter berikut ini:

10 comments:

  1. Buku yang menarik. Saya justru penasaran dengan peran Arjuna pada saat tahu adiknya diperkosa dan hamil. Amit-amit ya, kalo saya jadi Arjuna, saya akan kejar itu si Dave dan mengebirinya. Kelamin kok dibiarkan liar, hahaha.

    ReplyDelete
  2. selalu suka dengan tema yang bertajuk nostalgia, mengulik masa lalu sehingga sadar semuanya pasti akan berkaitan dengan masa depan. rasanya akan emosi sekali menyelami buku ini. penasaran!

    ReplyDelete
  3. Baru baca sinopsis dan reviewnya aja sudah mengaduk emosi, makin pengin banget ngikutin kisah ini. Penasaran & kepo bagaimana Viona menghadapi sosok masa lalu yg ingin dilupakannya itu? Apakah Viona akan berdamai dengan masa lalunya dengan adanya Daiva ya?
    Jadi Viona pastinya nggak mudah. Pasti banyak pelajaran yg bisa diambil dari kisah Cinta Masa Lalu ini.

    ReplyDelete
  4. Kemarin aku sempet liat review dari blog lain ttg novel Cinta Masa Lalu ini, tapi yg banyak diceritakan adalah Dave. Begitu baca review dari blog ini yg lebih banyak mengupas tentang Viona, rasanya jadi pelengkap rasa penasaran saya terhadap buku ini!
    Makasih lho ka Nana yg udh ngereview dan buat saya makin kepo sama buku ini, dududuu~

    ReplyDelete
  5. Ceritanya iseng-iseng mau post komen disini, sesuai aturan giveaway (Akulah Arjuna)
    Tapi setelah baca review, saya jadi sangat amat tertarik. Gimana konflik batin yang dialami Viona bisa kerasa banget direview yang Kakak kasih. Adrenalin aku ikut lonjak.
    Giamna ngga bermoralnya Dave, yang katanya pacar sepupu dari Viona, merusak masa depan Viona yang umurnya saat insiden itu terjadi berada diumur yang sama, sama kaya aku. Seriusan. Aku ngga bisa mikir. Harga diri dan mentalnya Viona gimana setelah itu.
    Dan setelah lama dia pergi, bisa sedikit-demi-sedikit memperbaiki dirinya. Si Dave dateng bawa Anaknya dan kelurga si Viona nerima dengan tangan terbuka. Oke, si Anaknya (Daiva) jelas ngga punya salah atas kehadirannya di dunia. Tp yang dipertanyakan itu Dave-nya. What the hell are u dude, sit in her house with that child! Davenya yang buat aku masalah, sekali lagi. Apa maksudnya mulai mendekatkan diri dengan keluarga Viona? Mau tanggung jawab setelah sekian lama, tanpa berusaha mengiba maaf terlebih dulu sama Viona. Hey, Viona punya ati men!
    Terus kalo si Dave udah deket sama keliarganya mau ngapain? Mau nikahin? Cinta ato sekedar kasian sama Viona.
    Astaga, ya ampun. Saya emosi. Emsoi sumpah.
    Jadi pingin cari ini buku. Fix. Saya bakal cari ini buku.
    Apapum nanti ending dari cerita ini, aku bakal dukung Viona seutuhnya! Iya sih, si Dave udah berubah, udah ngga jadi begajulan. Buktinya anak hasil perbuatannya dia yang ngerawat sendiri. Tapi ini sekali lagi masalah sakit hati!
    Entah nanti Viona menerima Dave ato tidak. Is up to her. Aku jadi penasaran, si Dave disini bakal ngeluarin perjuangan macam apa.
    Duhhh panjang ya ocehan saya 😂

    ReplyDelete
  6. Aku kasihan sama Viona yang pernah diperkosa Dave, tetapi Dave juga yang membesarkan anaknya dengan Viona hasil perkosaan. Trenyuh, walau baru baca reviewnya dan pengen baca kisah selengkapnya biar tambah baper. Akankah Viona memaafkan Dave yang telah merampas keperawanannya? Perjuangan semacam apa yang dilakukan Viona untuk menghadapi masa lalunya? Duuh makin penasaran kan... dengan novelnya.

    ReplyDelete
  7. Pengalaman buruk seperti pelecehan seksual memang seolah jadi akhir dari kehidupan seseorang. Betapa sesuatu yang sangat berharga, direnggut begitu saja dengan paksa oleh seseorang yang tidak kita sukai. Apalagi usia Viona saat itu 18 tahun. Ya, tragis. Banyak yang senasib dengan Viona, tapi banyak juga yang nggak mendapat dukungan dari keluarga, nggak bisa menata kehidupan lagi, dan diperdulikan oleh si pelaku, seperti Dave. Masa lalu tidak bisa dilupakan begitu saja. Meski aku tidak pernah (dan jangan sampai) mengalami seperti Viona, tapi aku bisa paham kenapa Viona tidak bisa menerima Dave sepenuhnya.
    Kebetulan belum baca juga novel ini, tapi aku suka dengan cover barunya. Semoga yang ini keturutan buat baca sekarang. Udah ada perbaikan cerita, pastinya makin greget!

    ReplyDelete
  8. Nah nah nah... sedang masa penantian kedatngan Cinta Masa Lalu nih di rumahku. Walau udh baca sinopsisnya brkali2, rasanya tetep aj bikin seeerr emosi dan makin gak sabar nunggu buku nih datang ke rumah 😂
    Well, karya kak Nima memang gak mengecewakan setelah Jodoh Untuk Naina yg bkin hati deg2an terua lht keromantisan ala islami kedua tokoh utama. Sipp jd pgn punya smua novel2 kak Nima 😁

    ReplyDelete
  9. Novel2 karya kak nima memang selalu berhasil mengaduk2 perasaan pembacanya! Huu aku aja sampe nangis2 baca novel ini di kamar, sampe2 mamahku nanya "kenapa nangis dek?" hahaha. Pokoknya rekomend banget deh buat baca novel ini!😍😍

    ReplyDelete
  10. W.A.W.
    baru bacanya review-nya aja udah dibuat penasaran full mati (bukan setengah mati lagii, tapi udah full, heheh)...

    Semoga aja aku nggak telat buat bacanya..

    ReplyDelete

What is your thought?